Pengalaman dengan Cartridge 21 & 22

Ada yang aneh sama produsen yang memproduksi dan menjual printernya, contoh, HP 3740 series atau yang lebih baru 3920, bentuknya fisik dan cartridgenya sama, cuman beda warna dan seri doang.

Printer gue HP 3740 series

Yang menarik, dulu kalo nggak salah aku beli printer ini Rp. 370.000,. kalo diitung-itung Cartridge yang item (27) harganya 150 ribu, dan yang warna (28) harganya 180.000,- . Dua Cartridge jadi Rp. 330.000,-, bodynya berarti Rp. 50.000,- (?) iya khan?.

Lanjut …..

sebenarnnya aku nggak ada masalah dengan printer yang satu ini (3740), Cartridge ok walaupun sudah disuntik sekian kali, tapi yang dengan satu lagi ( 3920) peringatan ink levelnya nggak bisa ilang. Mungkin pihak produsen pengen, kalo isi tinta abis beli Cartridge baru, wah … itumah bisa menguras isi kantong…

Untungnya aku nemu pemecahannya disini, kalau aku praktekin caranya gini:

  1. hidupkan printer
  2. buka tutupnya
  3. ambil Cartridge dua-duanya (27&28) atau (21& 22), sebetulnya yang saya temuin itu buat 27&28.
  4. lihat gambar dibawah ini (27=21=item):Cartridge  warna (22 atau 28)
  5. pertama: tutup pin yang ditandai merah dengan selotip, lalu masukan ke printer, tunggu sampai proses berjalan, apabila ada pesan error “cuekin” aja. Lalu Cartridge cabut lagi.
  6. kedua: tutup pin yang ditandai biru, lalu masukkan ke printer tunggu sampai proses berjalan, sama dengan point 5. lalu Cartridge cabut lagi.
  7. udah …?
  8. buka selotip yang menutupi tanda merah dan biru lalu masukkan lagi ke printer.
  9. selesai

untuk Cartridge warna (28=22=warna) langkahnya sama dengan Cartridge 27, cuma yang ditutup adalah pin yang di warnai biru

posisinya beda. (perhatikan gambar berikut)
saya udah cobain pake Cartridge 21&22, hasilnya … ink level nya jadi penuh lagi, alhamdulillah …

ehh, perlu hati-hati saat menutup pin, jangan sampai pin yang lain ketutup. Thank.
Komenarnya saya tunggu.

3 responses to this post.

  1. Posted by becakwongmalang on 5 December 2007 at 1:18 am

    Nice article ..
    Trik diatas juga bisa dipake untuk HP OfficeJet 4355 All-In-One Printer.Fax.Scanner.Coppier; Setelah lakukan langkah diatas RESTART PRINTERNYA. Good luck ..

    Reply

  2. Thanks banget infonya.. blinking catridge berhasil saya matikan

    Reply

  3. Di infus ajah lah ga usah disuntik, printerku HP semua aku infus dan lancar, sekarang paling pas ya printer HP karena katridnya paling murah dan sparepartnya juga paling mudah,jadi untuk jangka panjang oke banget. apalagi di infus bikin awet karidnya.

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: